Mengenal Suran Desa Atau Sedekah Bumi Desa Karangsari

Mengenal Suran Desa Atau Sedekah Bumi Desa Karangsari - Setelah sebelumnya membahas Asal Usul Dan Sejarah Desa Karangsari kali ini kita akan memperkenalkan Tradisi Budaya yang ada di desa karangsari. Banyak Sekali tradisi dan adat istiadat di desa karangsari diantaranya: suran desa, sedekah bumi, Muludan atau maulud nabi, Rajaban dan masih banyak lainnya. Meski desa karangsari ini kecil dan jumlah warganya tidak sampai seribu jiwa tapi soal  keanekaragam kesenian desa ini tidak kalah dengan desa lainnya.

Tradisi yang baru saja di laksanakan di desa karangsari yaitu suran desa atau sedekah bumi yang telah di laksanakan pada 23 Oktober 2015. Tapi sebelum itu ada beberapa tahapan dalam pra acara dilaksanakan Rapat koordinasi Kegiatan Suran Desa yang dilaksankan pada tanggal 17 Oktober 2015. Dalam rapat ini dihadiri dari berbagai Unsur diantaranya pemerintah desa, BPD, pengurus RT, RW, para tokoh masyarakat lainnya. Terjadi diskusi menraik soal penetapan hari Suran Desa yang jatuh pada Jum'at Kliwon atau Selasa Kliwon, karena Selasa Kliwon tidak ada di bulan ini maka diputuskan secara aklamasi Suran Desa Karangsari dilaksankan pada Jum'at Kliwon tepatnya tanggal 23 Oktober 2015 di Pesarean.
Suran Desa Atau Sedekah Bumi Desa Karangsari
Suasana Rapat Persiapan Suran Desa

Suran Desa Atau Sedekah Bumi Desa Karangsari
Suasana Rapat Persiapan Suran Desa

Suran Desa Atau Sedekah Bumi Desa Karangsari
Suasana Rapat Persiapan Suran Desa


Setelah terjadi diskusi yang cukup panjang diputuskan biaya Suran Desa sekitar 6 jutaan, Dana yang digunakan dari ADD desa karangsari sebesar Rp. 4.300.000,00 dan sisanya dari swadaya masyarakat sebesar Rp. 10.000,00 per Kepala keluarga.

Pelaksanaan Suran Desa Karangsari

Suran dan Sedekah Bumi di laksanakan tanggal 23 Oktober 2015 hari jum'at setelah sholat jum'at. Warga karangsari mulai datang ke tempat acara sekitar pk 13.30 wib di pesarean. Pesarean merupakan tempat yang dulu untuk istirahat seorang Pembesar suatu kerajaan ( akan di buat artikel khusus ). 
Pesarean
Pesarean, tempat suran dan sedekah bumi desa karangsari
Warga datang dengan membawa makanan atau walimah lalu di setor ke panitia, makanan tersebut akan di bagi bagikan ke seluruh warga yang datang setelah acara selesai. Dulu masih menggunakan daun pisang atau daun jati untuk membungkus makanan tapi seiring kemajuan teknologi sekarang sudah menggunakan ceting sebagai tempat makanan.

Mengenal Suran Desa Atau Sedekah Bumi Desa Karangsari
Warga menyerahkan makanan ke panitia

Panitia mengumpulkan dan mencatat jumlah makanan yang di serahkan warga
Setelah warga berkumpul lalu acara di mulai, warga duduk rapi berjejer beralaskan tikar. Acara langsung di mulai oleh pembawa acara. Acara cukup singkat, kepala desa Karangsari memberi sambutan tentang kegiatan Suran dan Sedekah bumi. Dilanjutkan dengan bapak Sukemi memberi sambutan dan penjelasan tentang asal usul dan sejarah Suran dan Sedekah bumi di desa karangsari. Kemudian acara di akhiri dengan doa oleh pak heri selaku kaur kesra. Secara bersamaan makanan di bagikan kepada seluruh warga yang datang setelah diberi becek di dalamnya.

Warga duduk rapi sebelum dimulai acara suran dan sedekah bumi
Warga duduk rapi sebelum dimulai acara suran dan sedekah bumi
Mengenal Suran Desa Atau Sedekah Bumi Desa Karangsari
Warga mendengarkan dengan khidmat saat acara di mulai
Mengenal Suran Desa Atau Sedekah Bumi Desa Karangsari
Warga pulang dengan teratur setelah acar suran desa selesai
Kehadiran warga desa karangsari yang datang ke acara suran dan sedekah bumi cukup banyak. Tetapi agak disayangkan kehadiran remaja dan para pemuda masih minim ini dimungkinkan karena pelaksanaan suran dan sedekah bumi di hari jum'at karena banyak yang ikut latihan pramuka. Sesuai tradisi di desa karangsari suran desa harus dilaksankan di hari selasa atau jum'at kliwon . Harus dicarikan solusi agar kegiatan suran desa di desa karangsari bisa di hadiri para remaja dan pemudanya agar kelak bisa meneruskan tardisi yang sudah berjalan turun temurun. Mengenal Suran Desa Atau Sedekah Bumi Desa Karangsari

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Suran Desa Atau Sedekah Bumi Desa Karangsari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel