Asal Usul Dan Sejarah Desa Karangsari

Asal Usul Dan Sejarah Desa Karangsari - Sejarah merupakan hal yang penting untuk diketahui apalagi bagi generasi muda agar mengetahui peristiwa atau kejadian penting di masa lalu. Begitu juga dengan desa Karangsari juga memiliki asal usul dan sejarah yang panjang. Asal usul desa karangsari bisa menjadi referensi bagi para pelajar yang mempunyai tugas untuk mencari sejarah desanya atau untuk masyarakat umumnya bisa mengetaui Legenda desa Karangsari. Desa Karangsari Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen memiliki sejarah panjang, kali ini kita akan menyajikan asal usul desa karangsari secara singkat.
Asal Usul Desa Karangsari
Maulid Nabi Saw salah satu kegiatan yang rutin setiap tahun di desa karangsari

Asal Usul Desa Karangsari

Pada jaman dahulu kala desa ini belum disebut desa hanya merupakan hutan atau Grumbul. Dalam ceritanya ditempat ini kedatangan salah satu orang sakti. Orang sakti tersebut mengajak salah satu teman untuk membuka daerah ini untuk dijadikan tempat tinggal dan lahan pertanian, ternyata daerah ini sangat cocok untuk lahan pertanian, karena lahannya sangat subur permukaan tanahnya ada yang tinggi dan rendah.

Lama kelamaan dari beberapa keluarga menjadi banyak, dan distu menjadi banyak,dan disitu menjadi kelompok keluarga dan penduduk. Konon setelah ada sekelompok penduduk di daerah Kebumian ini terdengar sampai Keraton Ngayogyakarta, maka sang raja memerintahkan pada seorang andahannya untuk memeriksa daerah kebumian untuk mengecek kebenaran berita tersebut. Dan ternyata benar bahwa daerah kebumian banyak dihuni penduduk.

Orang dari keraton tersebut yang bernama " Ky Panjer Sugeng Rono" pertma kali datang didaerah panjer da daerah tersebut terkenal dengan desa panjer. Ky Panjer Sugeng Rono memerintahkan andahannya yang bernama Raden Ngabei Wongso untuk meneliti daerah barat sampai ke desa karangsari.

Pendatang/andahan yang diceritakan diatas di daerah karangsari diangkat menjadi Kepala Pemerintahan dengan pangkat "AKUWU" atau yang bubak kawah karangsari. Dan sampai sekarang nama karangsari tetap abadi dan kelanjutannya diteruskan oleh para penganti - penganti yang memegang kekuasaan di Desa Karangsari (Kepala Desa).

Adapun Kepala Desa mulai AKUWU (Citra Dana) sebagai penerusnya di Desa Karangsari adalah sebagai berikut: 
  1. Mbah Kuwu ( Citra Dana ) 
  2. Amad Murtama I 
  3. Keti Wijaya 
  4. Suta Wecana 
  5. Tidak disebut namanya ( Orang asal dukuh sangkeh Desa Trikarso ) 
  6. Amad Murtama II 
  7. Wangsa Tirta 
  8. Karta Wijaya 
  9. Warso Utomo sampai tahun 1964 
  10. Mad Nasir Tahun 1964 - 1990 
  11. Saridjo Hadi Prayitno Tahun 1991 -1999 
  12. Paedjan Sugiarto Tahun 1999 - 2007 
  13. Padmo Sukemi Tahun 2007 - 2013 
  14. Sutaryono Tahun 2013 - 2019
  15. Sri Sukaryawati 2019 - Sekarang
Sumber: http://www.laskarncc.com/2015/10/sejarah-dan-legenda-desa-karangsari.html



Belum ada Komentar untuk "Asal Usul Dan Sejarah Desa Karangsari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel